BlOG_peran-penting-folikel-bagi-pertumbuhan-rambut

Tips Mempercepat Pertumbuhan Rambutmu (Nevair Info #11)

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), kamu dilahirkan dengan jumlah folikel rambut sebanyak kurang lebih 5 juta, sekitar 100.000 folikel ada di kulit kepala. AAD juga menjelaskan kehilangan sekitar 50 hingga 100 rambut sehari sangatlah normal.

Rambut di kepala umumnya akan tumbuh sekitar 0,3–0,4 mm per hari atau 15 cm per tahun. Namun, sebagian orang ada yang rambutnya lebih cepat panjang dan ada juga yang lebih lambat pertumbuhannya.

Perbedaan kecepatan pertumbuhan rambut ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari keturunan atau genetik, perubahan hormon, asupan nutrisi, hingga penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

Tahapan pertumbuhan rambut

Rambut tumbuh dalam tiga tahap, ketiga tahap tersebut adalah:

Sumber gambar: Sozomen.com

1. Fase anagen

Anagen adalah fase pertumbuhan rambut. Fase anagen membutuhkan waktu paling panjang. Proses pertumbuhan rambut di fase ini berlangsung selama 3–10 tahun.

Selama fase ini, terjadi pembelahan sel yang cepat pada bulbus rambut, yakni bagian akar yang memiliki folikel rambut, pewarna atau pigmen rambut, serta pembuluh darah.

Pembelahan sel ini nantinya akan membentuk batang rambut. Selain itu, papila dermal yang terdiri dari sel-sel di folikel rambut yang berperan penting dalam mengatur pertumbuhan rambut juga tumbuh pada fase anagen.

2. Fase katagen

Tahapan ini merupakan fase transisi antara fase pertumbuhan dan fase berhentinya pertumbuhan rambut. Fase katagen berlangsung selama 2–3 minggu. Selama proses pertumbuhan rambut ini, pembelahan sel-sel pun berhenti dan produksi pigmen rambut juga berhenti.

3. Fase telogen

Pertumbuhan rambut juga melalui fase istirahat yang disebut dengan fase telogen. Fase ini berlangsung selama 3–4 bulan. Pada fase telogen, proses pertumbuhan rambut terhenti, tetapi helai rambut belum rontok. Folikel rambut terbentuk akan menggugurkan rambut yang telah terbentuk di fase katagen.

4. Eksogen

Eksogen sebenarnya adalah perpanjangan fase telogen. Proses ini menyebabkan rambut benar-benar rontok dan lepas dari kulit kepala. Fase ini berlangsung selama 2–5 bulan. Sebanyak 50 hingga 100 rambut yang rontok pada proses eksogen merupakan hal yang normal.

Kulit kepala rata-rata memiliki 90-95% dari folikel rambut dalam fase anagen. Ini berarti sekitar 5-10 persen berada dalam fase telogen, yang menyumbang 100-150 rambut yang rontok setiap hari. Lalu, bagaimana sih cara mempercepat pertumbuhan rambut ? Yuk simak penjelasan dibawah ini Sobat Nevair!

  1. Hindari diet ketat

Menurut Dr. Lindsey Bordone, diet restriktif dapat menurunkan sumber daya dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, selain itu pertumbuhan rambut merupakan prioritas yang relatif rendah dibandingkan dengan fungsi tubuh lainnya

2.Tingkatkan asupan protein

Makanlah makanan yang seimbang dengan asupan protein yang cukup untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Umumnya, menurut rekomendasi Bordone sebaiknya Sobat Nevair mengonsumsi 50 gram protein atau lebih per hari.

3.Tingkatkan asupan nutrisi

Cara mempercepat pertumbuhan rambut dengan memenuhi asupan nutrisimu yang meliputi: biotin, vitamin C, vitamin D, vitamin E, seng, besi, omega-3 dan omega-6. Ada beberapa jenis pilihan makanan untuk memanjangkan rambut yang bisa dikonsumsi, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, bayam, buah alpukat dan beri, serta kacang-kacangan.

4.Pijat kulit kepala

Kegiatan memijat kulit kepala dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut kamu. Pijat kepala ini dapat menjadi cara mempercepat pertumbuhan rambut. Selain dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat, memijat kulit kepala juga bisa membuat otot di kepala lebih rileks.

5.Kurangi Suhu Panas

Panas dari alat pengeriting rambut, pengering rambut, dan pelurus rambut dapat merusak rambut dan menyebabkan kerusakan. Menurunkan suhu alat penataan rambut yang dipanaskan juga dapat membantu mengurangi kerusakan rambut. Kamu dapat menggunakan heat protector sebelum menggunakan alat penata rambut yang dipanaskan dapat mengurangi kerusakan rambut secara signifikan.

6.Jangan terlalu banyak mewarnai rambutmu

Saat kita mewarnai rambut kita dan mengubah teksturnya dengan bahan kimia, proses ini dapat memberi tekanan pada rambut dan menyebabkannya patah.

7.Kelola stres dengan baik

Stres yang tidak terkontrol dapat memicu pelepasan hormon kortisol, sedangkan terlalu banyak

Referensi:

Mardatila, Ani.2020. 7 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut, Jangan Terlalu Banyak Mewarnainya. Diakses 6 Juni 2022 pada https://m.merdeka.com/sumut/7-cara-mempercepat-pertumbuhan-rambut-jangan-terlalu-banyak-mewarnainya-kln.html#:~:text=Tahapan%20pertumbuhan%20rambut&text=anagen%3A%20fase%20pertumbuhan%20aktif%20rambut,berlangsung%20selama%202%2D3%20bulan

Bella, Airindya.2022. 6 Tips agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat. Diakses 7 Juni 2022 pada https://www.alodokter.com/3-tips-agar-rambut-cepat-panjang

Redaksi Hellosehat.-.Mengenali 4 Tahapan dalam Proses Pertumbuhan Rambut. Diakses 7 Juni 2022 pada https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/proses-pertumbuhan-rambut/%3famp=1

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *