Picture4

Empat Ikat Rambut yang Cocok untuk Tipe Rambutmu (Nevair Info #8)

Penataan rambut terutama pada perempuan dilakukan dengan beragam cara. Namun banyak sekali kesalahan dalam penataan rambut khususnya dalam mengikat rambut. Apa aja sih contoh kesalahan yang sering terjadi?

  1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang
  2. Menggunakan Ikat Rambut dari Bahan Nilon
  3. Terus Mengikat Rambut di Bagian yang Sama
  4. Mengikat Rambut yang Basah
  5. Mengikat Rambut Saat Tidur

Lalu bagaimana? Apa kita tidak boleh mengikat rambut agar rambut tetap sehat? Tentu bisa, namun ada hal-hal yang harus diperhatikan ya guys. Yuk simak!

1. Memilih ikat rambut yang tepat

2. Mengendorkan kuncir rambut

3. Menyisir rambut sebelum membuat kunciran

4. Lepas ikatan saat rambut berkeringat agar rambut tidak lepek

5. Imbangi kebiasaan menguncir rambut dengan perawatan rutin

Nah, Nevairinfo kali ini akan membahas jenis dan gaya ikat rambut yang tepat untuk berbagai jenis rambut yeyyyy!

Taukah kamu bahwa tiap jenis rambut punya gaya dan jenis ikat rambut yang berbeda-beda? Ada yang tau alasannya?

Ya, betul sekali Sobat Nevair. Pemilihan gaya dan jenis ikat rambut yang salah dapat merusak rambutmu. Tiap jenis ikat rambut juga punya fungsinya masing-masing ya guys.

1.Jenis ikat rambut spiral – Rambut tebal

Ikat rambut jenis ini cocok untuk tekstur rambut tebal agar tidak rusak dan rontok. Ramut dengan tekstur tebal jika menggunakan ikat rambut yang tipis dan kencang terlalu lama nantinya akan menimbulkan bekas dan membuat tatanan rambut tebalmu jadi tak beraturan. Bentuk spiral dari ikat rambut ini mampu mengikat kuat rambut tebal kamu tanpa membuatnya kusut.

2.Jenis ikat rambut tipis berbahan sutra – Rambut tipis

Ikat rambut ini cocok untuk tekstur rambut tipis dan rentan. Untuk Sobat Neva yang memiliki tekstur rambut tipis, kamu bisa memakai ikat rambut dengan bahan sutra dengan bentuk yang tipis dan karet yang kencang. Bahan kain sutra dapat mengurangi split ends, kerontokan dan kerusakan rambut lainnya karena teksturnya yang halus.

3.Jenis ikat rambut ponytail hooks bungee band –Rambut kriting

Jenis ini cocok untuk tekstur rambut keriting agar tidak mudah rusak. Untuk kamu yang memiliki tekstur keriting, biasanya malas mengikat rambut karena beresiko rontok setiap melepas ikatannya. Dengan ujung berupa kaitan, kamu bisa menstyling rambut kamu tanpa harus menarik ikatannya, hanya tinggal dikaitkan saja.

4. Jenis ikat rambut scrunchie – rambut lurus dicatok

Jika Sobat neva suka men-styling rambut dengan catokan, jenis ikat rambut yang cocok untuk tekstur rambut ini adalah scrunchie yang pernah jadi tren tahun 90an. Ikat rambut ini nggak akan meninggalkan bekas pada rambut yang sudah kamu styling sebelumnya.

Sekarang kita bahas gaya dalam mengikat rambut yuk Sobat Nevair! Ada apa aja sih gaya ikat rambut itu? Dan mana yang cocok untuk rambutmu!

1.Gaya ikat untuk rambut tipis

Buat Kamu yang memiliki rambut tipis kamu pasti sering dilemma memilih tatanan rambut. Ingin dikuncir agar rapid an tidak gerah tapi disisi lain pengikatan rambut bisa membuat rambut rontok. Tips untuk kamu yang memiliki rambut tipis adalah memilih model kuncir dan gaya ikat rambut longgar. Kesan longgar akan membuat rambutmu tampak lebih bervolume meski sedang diikat. Untuk mempercantik gaya rambutmu, Sobat Neva bisa menggunakan pita atau scarf untuk mengikat rambut tipis. Sobat Nevair dengan rambut tipis juga bisa mencoba ikat Ponytail dengan Scrunchie, mengikat rambut dengan gaya ponytail cocok. Hindari mengikat rambutmu dengan ikat rambut karet yang berbahan terlalu keras ya.

2.Gaya ikat untuk rambut keriting dan tebal

Rekomendasi model ikatan rambut mungkin cocok untukmu adalah cepol atau bun. Sisir rambutmu dan bawa semua ke arah belakang, lalu gulung dan ikat menggunakan karet elastis. Oiya, jangan lupa ya Sobat Nevair, pengikatan rambut dengan cepol kencang dan dilakukan setiap hari dapat merusak rambut kerena adanya tekanan terus menerus pada bagian rambut yang sama jadi jangan terlalu sering. Kamu juga bisa menggunakan ikat rambut ponytail hooks bungee band ya Sobat Nevair!

3. Tips Gaya Kuncir Rambut Pendek

Salah satu rekomendasi kuncir rambut pendek adalah dengan membuat kepangan dari bagian depan rambut, lalu menjepitnya di bagian belakang kepala. Kepang Rambut merupakan gaya ikat rambut yang paling digemari, namun yang harus diingat adalah jangan menarik rambut terlalu kencang saat membuat kepang ya Sobat Nevair. Penarikan rambut terlalu kencang dapat membuat rambut terlepas dari akarnya sehingga menyebabkan rambut bercabang, rapuh, dan merusak folikel rambut. 

4.  Model Setengah Ikatan, gaya ini akan membuat rambut terlihat rapi dan elega. Hindari penggunaan karet karena bisa merusak rambut. Untuk mempermanis penampilan, kamu bisa mengikat rambut dengan kain bandana atau jepitan berbentuk pita sebagai hiasan di rambut.

Referensi:

Linchia.2018. 4 Jenis Ikat Rambut Sesuai Tekstur Rambut Kamu, Jangan Salah Pilih!. Diakses 6 Juni 2022 pada https://stylo.grid.id/read/14966604/4-jenis-ikat-rambut-sesuai-tekstur-rambut-kamu-jangan-salah-pilih

Redaktur Dove.2022. 5 Gaya Ikat Rambut Tanpa Perlu Takut Rambut Rontok. Diakses 6 Juni 2022 pada https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/5-gaya-ikat-rambut-tanpa-perlu-takut-rambut-rontok.html 2022

Redaktur Tresmme.2022. KETAHUI CARA MENGUNCIR RAMBUT YANG TEPAT AGAR KONDISINYA TETAP TERJAGA. Diakses 6 Juni 2022 pada https://www.tresemme.com/id/caranya/cara-menguncir-rambut-yang-tepat.html

Febrida, Melly.2013. Pilih Ikat Rambut Bahan Kain Agar Aman. Diakses 6 Juni 2022 pada https://m.liputan6.com/health/read/734881/pilih-ikat-rambut-bahan-kain-agar-aman

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *