Perawatan Rambut Bagi Kamu yang Berhijab (Nevair Info #10)

Selamat pagi Sobat Nevair, salam hangat dari Mineva untuk kalian 🙂

Diantara Sobat Nevair semua adakah yang menggunakan hijab? 

Taukah kamu jika menggunakan hijab memang dapat melindungi rambut dari paparan panasi sinar matahari dan polusi, namun kepala justru seringkali lembab dan memproduksi minya berlebih? 

Rambut yang ditutupi kain sepanjang hari justru lebih rentan berkeringat dan meningkatkan produksi sebum (minyak) sehingga memudahkan bakteri dan kuman menumpuk. Oleh karena itu, sangat mungkin bagi Sobat Nevair yang berhijab seringkali merasakan kulit kepala gatal dan muncul ketombe. Berikut ini adalah masalah Rambut yang Rentan Dialami Wanita Berhijab

1. Rambut rontok yang disebabkan karena menyisir saat rambut basah, memakai hijab saat rambut basah, dan mengikat/mengepang/menyanggul rambut terlalu ketat

2. Rambut berminyak dan gampang lepek karena jarang keramas dan mengenakan hijab dan ciput dalam kondisi kotor atau lembap

3. Rambut rusak, rapuh, dan mudah patah karena mengikat rambut di tempat yang sama terus-menerus, mengenakan hijab dengan bahan kasar, dan jarang menggerai rambut saat tidak pakai hijab

Perempuan yang berhijab rambutnya memang tidak terlihat, namun, kesehatan rambut tetap harus dijaga ya Sobat Nevair. Jika rambutmu sehat, maka kamu akan lebih nyaman dalam mengenakan hijab dan beraktivitas sehari-hari. Lalu, gimana ya cara merawat rambut bagi Sobat Nevair yang berhijab? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

1. Lepas jilbab setelah sampai di rumah

Dengan melepas hijab dan ikatan pada rambut, Sobat Nevair membiarkan rambut yang terperangkap kain selama memakai jilbab untuk beristirahat (terbeba dari tekanan). Hal ini bertujuan untuk memberikan udara bagi rambut.

2.  Longgarkan Ikatan Rambut

Ikatan rambut yang terlalu kencang bisa menarik akar rambut, membuatnya rapuh sehingga mudah. Lepaskan semua ikat rambut setelah usai berhijab untuk mencegah dari rontok dan rapuh berkepanjangan.

3. Sisir rambut sebelum mencuci rambut

Penting untuk Sobat Nevair yang berhijab untuk menyisir rambut sebelum keramas karena ikatan atau sanggulan saat menggunakan jilbab dapat menekan rambut, sehingga rambut dapat menjadi kusut. Menyisir rambut sebelum mencuci rambut juga baik dilakukan untuk mencegah rambut rontok. Bahkan, hal ini juga membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala yang membantu menumbuhkan rambut.

4. Keramas Teratur sesuai Kebutuhan Rambutmu

Keramas sebetulnya disesuaikan kondisi rambutmu. Pemilik rambut keriting atau kribo memiliki tingkat kelembapan yang rendah (kering) sehingga untuk mengurangi kekeringan pada rambut, hindari mencuci rambut dengan sampo terlalu sering. Sobat Nevair bisa mencuci rambut dua kali dalam seminggu, sebaliknya bagi pemilik rambut berminyak disarankan untuk rutin mencuci rambut agar tidak tampak lepek dan tingkat kelembapannya terjaga dengan baik.

5. Pakai sampo khusus sesuai jenis rambut

Umumnya, wanita berhijab cenderung memiliki rambut berminyak dan lembab. Sampo dan kondisioner berbahan ringan biasanya dapat membantu mengurangi rambut gatal karena berhijab. Sementara itu, produk perawatan rambut dengan bahan yang terlalu keras dapat merusak rambut dan kulit kepala. Kamu sebaiknya juga tidak terlalu sering keramas karena dapat mengakibatkan minyak alami di kulit kepala berkurang. Kulit kepala yang kering juga berpotensi memicu munculnya gatal-gatal. Kamu juga bisa menambahkan nutrisi rambut kamu dengan menggunakan Nevair tonic setelah keramas ya Sobat.

6. Biarkan rambut kering sebelum pakai jilbab

Biarkan rambutmu kering sebelum menggunakan jilbab karena penggunaan jilbab pada saat rambut masih basah dapat menyebabkan rambut terlalu lembap dan menciptakan sarang jamur lalu memicu ketombe.

7.  Jaga Kebersihan Hijab dan Ciput

Kamu yang banyak beraktivitas cenderung hijab cepat basah karena keringat, lembap, dan bau apek. Atasi masalah ini dengan menjaga kebersihan hijab dan ciput yang dipakai. Rutin ganti dengan yang bersih apabila hijabmu kotor atau basah oleh keringat. 

8. Rutin potong rambut

Rutin memotong rambut menjadi salah satu mengatasi rambut mudah patah, bercabang, dan kering. 

9. Pilih bahan jilbab yang baik untuk kulit

Wajib bagi setiap wanita memahami bahan kain apa yang harus ia gunakan untuk hijabnya. 

  1. Cobalah untuk menggunakan kain yang ramah kulit agar rambut bisa ‘bernapas’, jibab dengan serat yang ringan seperti kain chiffon atau katun, nylon atau polyester. 
  2. Jangan lupa menggunakan dalaman yang nyaman kamu gunakan agar rambut terlindungi dari risiko antar kulit kepala dan bahan kain.
  3. Bila cuaca sedang panas, sebaiknya pakai jilbab berkain lebih tipis dan hindari pemakaian jilbab berwarna hitam terlalu sering karena dapat menyerap panas.

Referensi:

Redaksi Dove.2022. Pentingnya Merawat Rambut Berhijab. Diakses 6 Juni 2022 pada https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/hair-care-tips-advice/pentingnya-merawat-rambut-berhijab.html

Redaksi Hello Sejat.-. Cara Tepat dan Mudah Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab.Diakses 6 Juni 2022 pada https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/cara-merawat-rambut-berhijab/

Redaksi Rejoice.-. Tips Merawat Rambut Berhijab. Diakses 6 Juni 2022 pada https://www.rejoice.co.id/id-id/blog-page/hijab-tips-perawatan-rambut?gclid=Cj0KCQjw-daUBhCIARIsALbkjSYQ-ukP1ZcxS-Oyna8yvDvuMgKalt1oOyG3lQDQ97yvejVfKIUzCQMaAuzaEALw_wcB

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *