Pemilihan Minyak Rambut yang Tepat Bagi Pria (Nevair Info #9)

Hallo, ketemu lagi sama Mineva!

NevairInfo sebelumnya kita udah bahas penataan rambut pada wanita ya, sekarang kita gentian bahas penataan rambut buat pria ya Sobat Nevair.

Penataan rambut agar tetap rapi dan kece tidak hanya dilakukan oleh wanita, pria juga tidak mau kalah dalam menata rambut. Penataan dan pembentukan gaya rambut laki-laki biasanya menggunakan minyak rambut rambut. Nah, pemilihan minyak rambut itu sebaiknya tidak dilakukan sembarangan lho Sobat Nevair. Kalian harus menyesuaikan jenis rambut kalian, bila tidak maka risiko terjadinya kerusakan rambut dapat kamu alami. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengenali jenis minyak rambut yang sesuai dengan jenis rambutmu. Yuk kita belajar bareng!

  1. Krim

Krim cocok untuk tipe rambut yang tebal dan kasar. Krim rambut dapat membuat rambut Sobat Nevair tampak berkilau. Tips penggunaan yaitu jangan lupa dibilas bersih ya setelah menggunakan untuk menghindari penumpukkan minyak dan memicu ketobe.

  1. Wax

Wax cocok untuk menata rambut gaya natural tanpa terlihat kaku. Tipe minyak rambut ini tidak cocok suntuk Sobat Nevair memiliki rambut yang terlalu lemas dan panjang, sebab bisa memicu kerusakan rambut.

  1. Pomade

Pomade memiliki tekstur yang hampir sama dengan wax namun lebih lembut. Minyak rambut ini bisa membuat rambut tampak lebih lembut, berkilau, dan melembutkan rambut.

  1. Gel

Gel rambut cocok digunakan untuk orang yang berambut panjang. Namun, hindari produk gel rambut yang mengandung alkohol bila kamu memiliki kulit kepala kering dan berketombe. Gel rambut memiliki beberapa manfaat yaitu:

  1. Memberikan nutrisi esensial, beberapa produk gel rambut terutama yang terbuat dari bahan organik dapat memberikan nutrisi yang mampu meresap ke kulit kepala dan folikel rambut. 
  2. Membuat rambut tampak berkilau dan tebal
  3. Menjaga bentuk rambut sepanjang hari

Selain manfaat di atas, gel rambut juga memiliki efek samping nih Sobat Nevair. Apa aja ya kira-kira? 

a. Penggunaan gel rambut yang berlebihan dan terus menerus membuat akar rambut menjadi lemah. Gel rambut dapat mengeringkan kulit kepala serta membuat rambut kasar dan rapuh.

b.Penggunaan gel rambut membuat rambut berminyak dan produksi sebum menjadi tidak seimbang. 

c. Penggunaan gel rambut yang berlebihan dapat membuat kulit kepala kering dan bersisik yang pada akhirnya menyebabkan ketombe.

d. Gel rambut turut memengaruhi warna rambut lantaran mengganggu keseimbangan pH kulit kepala . Selain itu, bahan kimia keras yang terkandung dapat menyebabkan warna rambut alami memudar.

e. Gel rambut menghalangi nutrisi ke kulit kepala, menghilangkan kelembapan di kulit kepala, dan dengan demikian membuat rambut mudah patah.

f.Bagi beberapa orang dapat menyebabkan ruam gatal dan iritasi.

  1. Serum

Serum cocok untuk jenis rambut keriting dan kering. Penggunaan serum rambut dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau. Serum juga dapat mengurangi rambut rontok dan memicu pertumbuhan rambut. 

  1. Mousse

Jenis minyak rambut ini cocok untuk rambut berminyak ya Sobat Nevair. Mousse bisa membuat rambut tampak lebih mengembang dengan tampilan yang tetap alami.

Berikut adalah jenis-jenis minyak rambut dan penjelasannya, sampai ketemu lagi di NevairInfo selanjutnya, bye bye!

Referensi:

Agustin, Sienny.2021. 6 Jenis Minyak Rambut Pria dan Cara Tepat Menggunakannya. Diakses 6 Juni 2022 pada https://www.alodokter.com/lengkapi-gaya-anda-dengan-minyak-rambut

Utari, Reni.2020. Menimbang Manfaat Gel Rambut Pria dan Efek Sampingnya.Diakses pada 6 Juni 2022 pada https://www.sehatq.com/artikel/menimbang-manfaat-dan-efek-samping-gel-rambut

Fikri, Dimas Andhika.2020. Jangan Terlalu Sering Pakai Gel Rambut, Ini 6 Bahayanya. Diakses 6 JUni 2022 pada https://lifestyle.okezone.com/read/2020/07/30/611/2254578/jangan-terlalu-sering-pakai-gel-rambut-ini-6-bahayanya

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *