Picture2

Jenis-Jenis Pisang (Nevair Info #2)

Halloha Sobat Nevair, pasti kalian sudah tidak asing dengan buah di bawah ini

Yak, betul buah pisang. Buah pisang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Bagi sebagian orang pisang dijadikan asupan untuk program diet. Pisang juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti potassium, karbohidrat, mineral, vitamin C, vitamin B6, kalium, dan magnesium. Pisang juga memiliki banyak khasiat misalnya menurunkan tekanan darah tinggi sampai menangkal radikal bebas.

Bahkan seluruh bagian pisang, mulai dari buah, kulit, daun, batang pohon sampai dengan bunganya bisa dikonsumsi. Daunnya dan bonggolnya bahkan dapat dimanfaatkan, salah satunya pada produk Nevair tonic yang menggunakan air bonggol pisang sebagai bahan bakunya. Lalu, ada berapa jenis pisang yang kalian ketahui?

Jenis-jenis pisang yang umumnya sering kita jumpai di Indonesia

1. Pisang Raja

Bunga pada pisang raja akan tumbuh pada usia 14 bulan dan pisang akan matang pada 150-160 hari. Bagian daging buah pisang raja memiliki warna putih sedikit kekuning-kuningan atau kuning muda. Rasanya manis, tidak berbiji, dan sedikit keras. Namun, aroma pisang pada pisang raja kurang tercium oleh hidung. Pisang raja mengandung  Vitamin C untuk antioksidan tubuh. Kandungan serat yang di pisang raja sangat cocok untuk kamu yang sedang sulit BAB.

Pisang ini sangat enak untuk dimakan langsung, atau diolah menjadi kue nagasari, bahan utama untuk es pisang ijo, hingga dapat diolah menjadi kue bolu.

2. Pisang Ambon

Bentuk pisang ini agak melengkung dan sedikit lebih panjang. Bunga pada pisang ini akan muncul ketika sudah berusia 11-12 bulan serta pisang akan siap panen sekitar 4-5 bulan. Setiap satu tandan pisang Ambon pada umumnya terdiri dari 7-10 sisir serta setiap sisirnya terdapat 10-16 buah. Daging pisang ini berwarna putih atau putih kekuning-kuningan. Rasa dari pisang Ambon sangat manis dan pisang ini sangat aromanya bisa tercium. Pisang ambo nada berbagai jenis seperti pisang Ambon putih, pisang Ambon hijau, pisang Ambon kuning, pisang Ambon badak, pisang Ambon Cavendish, dan pisang Ambon angleng. Manfaat pisang ambon yaitu :

  1. Memiliki kandungan kalori sebanyak 99 kkal/100 gram sehingga cocok untuk dijadikan sebagai sumber energi tubuh.
  2. Mengandung banyak sekali asam folat yang baik bagi kesehatan ibu hamil karena membantu perkembangan otak pada bayi dan melindungi sumsum tulang belakang janin
  3. Mencegah terjadinya gangguan pada usus.

Pisang Ambon dapat dikonsumsi secara atau diolah menjadi kue bolu dengan bahan dasar pisang, keripik pisang yang gurih, pancake pisang yang lezat, dan lain-lain.

3. Pisang Mas

Pisang mas sangat cocok untuk kamu yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, pisang mas juga memiliki kandungan mineral kaliym dan sodium yang rendah sehingga dapat  mengurangi risiko terkena penyakit stroke atau jantung. Pisang mas biasadiolah menjadi pisang goring, brownies pisang dan bolu pisang.

4. Pisang Tanduk

Daging buah pisang tanduk rasanya kurang manis atau cenderung masam. Warna daging buah pisang ini berwarna putih atau kekuning-kuningan. Satu tandan pada pisang ini biasanya akan terdiri dari 1-5 sisir dan setiap satu sisirnya biasanya akan terdiri dari 10-12 buah. Pisang ini sangat cocok untuk mengontrol gula darah dan mengurangi risiko terkenanya anemia. Selain dikonsumsi secara langsung, pisang tanduk sangat cocok untuk diolah menjadi pisang goreng krispi.

5. Pisang Kepok

Daging buah pada pisang kepok warnanya putih sedikit kekuning-kuningan. Rasa dari pisang ini sedikit keras atau kuran empuk dan teksturnya sedikit berkapur. Pisang kepok masih dibagi menjadi beberapa jenis, seperti pisang kepok kuning, pisang kepok siem cangklong, pisang kepok saba, pisang kepok gajih putih, dan pisang kepok gajih kuning.

6. Pisang Uli

Pisang uli memilik daging buah yang yang kurang manis atau sedikit sepat serta teksturnya sedikit lembek. Aroma pada pisang uli tidak bergitu tercium.  Manfaat pisang uli bagi kesehatan tubuh, seperti menyeimbangkan gula darah tubuh, memberikan energi untuk tubuh, melancarkan BAB, dan mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Pisang uli sangat cocok untuk diolah menjadi pisang goreng karena teksturnya yang sedikiit empuk.

7. Pisang Klutuk

Berbeda dengan pisang-pisang lainnya, pisang klutuk ini memiliki biji di dalam daging pisangnya. Selain itu, warna pisang ini berupa putih sedikit kekuning-kuningan. Teksturnya yang cenderung kasar dan rasanya kurang manis. Pisang klutuk sangat cocok untuk dijadikan obat, seperti obat sariawan, obat mencret, mengatasi rambut rontok, dan lain-lain.

8. Pisang Lampung

Pisang Lampung termasuk ke dalam pisang yang berukuran kecil dan jika dilihat secara sekilas pisang Lampung hampir sama dengan pisang mas. Perbedaannya dengan pisang mas terletak pada ujung buah pisang. Ujung dari pisang Lampung berbentuk lancip serta ujung dari pisang mas berbentuk tumpul. Rasa dari pisang lampung sangat manis dan aromanya sangat kuat, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai makanan pencuci mulut. Manfaatnya untuk mencegah kanker usus besar, meningkatkan imunitas tubuh, sebagai sumber energi atau penambah stamina, dan untuk program diet. Pisang Lampung biasa diolah menjadi kue gaguduh, bolu pisang Lampung, banana pillow, pie susu, dan lain-lain.

9. Pisang Susu

Pisang susu bisa dikatakan sebagai pisang yang sangat disukai oleh anak-anak karena ukurannya yang kecil dan kulitnya yang tipis. Pisang susu memiliki manfaat bagi kesehatan otot tubuh, memperlancar peredaran darah, dan sebagai sumber makanan untuk bayi. Pisang ini ternyata bisa diolah menjadi bolu kukus pisang susu, pisang susu keju, nugget pisang susu, dan sebagainya.

10. Pisang Cavendish

Pisang cavendish merupakan pisang dengan bentuk melengkung dan panjang sekitar 14-15 cm. Daging pada pisang cavendish sangat manis, sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi langsung. Pisang cavendish juga dikenal dengan nama lain yaitu pisang Ambon putih. Pisang Cavendish memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan matadan biasa diolah menjedi bolu pisang cavendish, banana coffee with ice cream, pisang lumer, dan lain-lain.

11.Pisang Merah/Gondoruwo

Kulit pisang berwarna merah. Pisang Merah ternyata bukan saja unik, melainkan juga banyak mengandung manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti mencegah batu ginjal, mengurangi berat badan, meningkatkan produksi darah dan mengatur asam lambung. Pisang ini berasal dari Yogyakarta.

12. Pisang Seribu

Pisang ini merupakan yang paling banyak diminati karena rasanya memang harum dan legit. Pisang raja seribu ini bisa langsung dikonsumsi atau diolah menjadi beragam cemilan, salah satunya dibuat menjadi sale pisang. Selain rasanya yang legit pisang ini juga memiliki keunikan karena tergolong langka dalam satu tandan bisa berisi seribu pisang.

13. Pisang Varigata

Banyak yang bilang sekilas pisang ini mirip dengan mentimun. Kulit pisang Varigata bisa dikonsumsi tanpa meninggalkan rasa sepat di lidah.

15. Pisang Nangka

Meskipun sudah matang, pisang nangka tetap memiliki warna kulit kehijauan. Cara mengolah pisang nangka yang paling sederhana adalah dengan menjadikannya sebagai keripik, gorengan, atau isian kue tradisional.

Referensi:

Astuti, Novi Fuji.2020. 12 Jenis Pisang di Indonesia dan Cara Mengolahnya. Diakses pada 6 JUni 2022 pada https://m.merdeka.com/jabar/12-jenis-pisang-di-indonesia-dan-cara-mengolahnya-kln.html

Redaktur Gramedia.-. 10 Jenis Pisang Dan Cara Mengolahannya. Diakses 6 Juni 2022 pada https://www.gramedia.com/best-seller/jenis-pisang/

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *