Picture1

Double Kill! Orang Berketombe Parah Biasanya Rambutnya Juga Rontok? (Nevair Info #4)

Hai Hai Sobat Nevair! Ketemu lagi dengan Mineva

Apa kabar rambut kalian hari ini? Sehat? Atau justru bermasalah karena ketobe dan rambut rontok?

NevairInfo kali ini, Mineva mau share informasi terkait rambut rontok dan berketombe lho, hopefully artikel ini dapat membantu Sobat Nevair untuk mengatasi dua masalah itu ya! Check it out!

Rambut rontok adalah masalah yang paling sering dikeluhkan oleh banyak orang, terutama kaum wanita yang umumnya menyukai rambut panjang. Sebetulnya, apa sih penyebab rambut rontok? Dan apa solusinya?

Penyebab rambut rontok yaitu:

  • Stres sebagai salah satu pemicu kerontokan rambut
  • Ketombe

Konsultan dermatologi yang berbasis di Delhi, India, Dr. Jyoti Gupta, mengatakan ketombe sebagai serpihan kulit yang jatuh dari kulit kepala. Ketombe yang parah menyebabkan kemerahan dan gatal pada kulit kepala. Hal ini pada akhirnya akan membuat orang terus menggaruk sehingga membuat luka pada folikel rambut.

  • Faktor genetik

Androgenetic alopecia yang disebabkan oleh kelebihan androgen relatif juga dapat menyebabkan seborrhoea (minyak berlebih) dan dapat menyebabkan dermatitis seboroik yang bermanifestasi sebagai ketombe.

  • Penggunaan obat-obatan tertentu untuk penipisan rambut seperti minoksidil juga dapat menyebabkan ketombe.

Minoksidil sebetulnya digunakan pada beberapa produk perawatan rambut yang ada dipasaran ya Sobat Nevair. So, kalian harus teliti dan hati-hati dalam memilih produk. Contohnya Nevair yang tidak menggunakan minosidil, kalian bisa tuh coba Nevair, siapa tau jodoh… eh maksudnya cocok.

Membaca terkait penyebab rambut rontok di atas, apakah benar ketombe menyebabkan rambut rontok? Apa hubungannya sih? Berikut penjelasannya ya Soba Nevair!

Ketombe ditandai dengan munculnya rasa gatal dan munculnya serpihan atau bintik berwarna putih di kulit kepala. Pemakaian sampo yang berlebihan atau kurang bisa menyebabkan ketombe karena kulit kepala jadi memproduksi minyak. Akibat tingginya kadar minyak di kulit kepalamaka dapat memicu munculnya peradangan kulit oleh jamur Malassezia spp. Jamur ini bersifat lipofilik, sehingga lingkungan mikro dengan kadar minyak tinggi akan menyuburkan pertumbuhannya.

Ketombe yang tak tertangani dengan baik dapat menyebabkan rambut rontok. Maka dari itu, jika kamu mau mengatasi rambut rontok, sebaiknya atasi dulu permasalahan ketombenya. Orang yang berketombe, otomatis lebih sering menggaruk kulit kepala mereka untuk mengatasi rasa gatal. Akibatnya, kulit kepala dan folikel rambut rusak atau terluka. Peradangan berulang pada folikel rambut inilah yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Lalu, bagaimana sih cara mengatasi Ketombe dan Rambut Rontok itu?

Pertama, gunakan sampo dan produk perawatan rambut lainnya untuk antiketombe. Beberapa jenis sampo telah diformulasikan untuk melawan ketombe yang membandel. Pilihlah sampo yang mengandung asam salisilat, ketoconazole, pyrinthione zinc, atau selenium sulfide. Kamu juga bisa mencoba produk Nevair yang mengandung alkaloid yang dapat mengatasi rambut berketombe dan mudah rontok.

Kedua, menjaga kelembapan kulit kepala. Kelembapan kulit kepala berpengaruh besar terhadap masalah ketombe. Sebisa mungkin, jaga kelembapan kulit kepala dengan rutin menggunakan kondisioner.

Ketiga, hindari produk yang mengiritasi dan merusak rambut misalnya pewarnaan rambut.

Referensi:

Redaksi Halodoc.2019. Harus Tahu, Ini Alasan Ketombe Bisa Bikin Rambut Rontok. Diakses 6 Juni 2022 pada https://www.halodoc.com/artikel/harus-tahu-ini-alasan-ketombe-bisa-bikin-rambut-rontok

Redasi Hallosehat.2021.Ketombe Parah Bikin Rambut Rontok, Kok Bisa?.Diakses 6 Juni 2022 pada https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-rambut/ketombe-parah-rambut-rontok/

Widiyarti, Yayuk.2021. Rambut Rontok karena Ketombe, Begini Penjelasan Pakar. Diakses 6 Juni 2022 pada https://gaya.tempo.co/read/1456727/rambut-rontok-karena-ketombe-begini-penjelasan-pakar

Sartika, Resa Eka Ayu.2020. Dapatkah Ketombe Menyebabkan Rambut Rontok?. Diakses 6 Juni 2022 pada https://health.kompas.com/read/2020/09/12/150500368/dapatkah-ketombe-menyebabkan-rambut-rontok-?page=all

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *