element5-digital-WCPg9ROZbM0-unsplash

Awas! Beberapa Kebiasaan yang Bisa Merusak Rambutmu! (Nevair Info #5)

Rambut adalah mahkota bagi setiap orang. Merawat rambut terkadang bagi beberapa orang adalah sesuatu yang sulit. Bahkan ada orang yang sampai frustasi untuk mengatasi masalah rambut rontok dan berketombe. Banyak orang bahkan menggunakan bermacam-macam produk perawatan rambut namun hasilnya tidak terlihat. Padahal sebenarnya permasalahan rambutnya terjadi karena kebiasan yang salah dalam merawat rambut, Sobat Nevair. Apa aja sih kebiasaan itu? Check this out!

  1. Sering atau jarang keramas
    Keramas memang hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan rambut. Tapi, keramas terlalu sering justru bisa merusak rambut dan menyebabkan kulit kepala gatal dan kering. Sebaliknya, jarang keramas membuat kulit kepala terasa gatal dan kering, jarang keramas justru dapat membuat kulit kepala menjadi berminyak. Akibatnya, ketombe bermunculan dan rambut tampak lengket. Jadi, lebih baik yang sedang-sedang aja ya Sobat Nevair! Mineva menyarankan kamu untuk mencuci rambut 2-3 hari sekali, atau sesuaikan dengan kondisi rambut dan aktivitas yang kamu lakukan.
  2. Mengeringkan rambut
    Mengeringkan dan menata rambut dengan pengering rambut (hair dryer) atau mencatok rambut, bisa menjadi pemicu kebotakan dini. Alangkah lebih baik kalau pengeringan rambut secara alami ya Sobat Nevair. Tapi kalau kamu benar-benar membutuhkan hair dryer atau catok usahakan ikutin tips yang Mineva bahas di artikel lain terkait penggunaan catok dan hair dryer ya.
  3. Menyisir rambut saat basah
    Menyisir rambut saat basah membuat kutikula rambut jadi rusak dan rambut jadi rontok atau patah. Keringkan rambut dengan lembut dan jangan dikeringkan dengan menggosokkannya ke handuk. Selain itu, gunakan sisir sesuai kondisi dan jenis rambut kamu ya, tips memilih sisir ada di artikel lain yang udah Mineva share ya.
  4. Mewarnai rambut
    Mewarnai rambut saat ini usdah menjadi trend, dengan mewarnai rambut seseorang akan merasa penampilannya menjadi baru dan segar. Namun, mewarnai rambut ini memiliki risiko lho! Pewarnaan rambut dapat menembus kutikula hingga menghilangkan pigmen alami rambut dan merusak rambut. Pewarnaan rambut juga bisa merusak struktur rambut serta membuatnya menjadi kering dan kusam.
  5. Mandi dengan Air Panas

Mandi dengan air panas memang menyenangkan dan membuat tubuh jadi lebih segar. Namun, air panas dapat membuat rambut kering rapuh, mudah patah, dan rontok. Suhu yang panas membuang minyak pelindung rambut dan membuat pori-pori kulit kepala memproduksi minyak berlebihan. Hal ini dapat merusak akar rambut dan membuatnya rontok.

  • Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Hindarilah mengikat rambut terlalu kencang, sebab dapat berdampak buruk pada kesehatan folikel rambut karena tekanan yang berlebih. Kamu bisa baca tips memilih gaya mengikat rambut dan jenis ikat rambut yang cocok sesuai jenis rambutmy di artikel lain yang sudah Mineva share ya Sobat!

  • Stress
  • Mencabut Uban

Saat kamu mencabut rambut dari akarnya, kamu dapat merusak bulbus rambutnya yang maka itu dapat mencegah rambut untuk tumbuh kembali dengan normal.

  • Menyisir dari Atas ke Bawah

Saat kamu menyisir rambut kamu langsung dari pangkal ke ujung, apalagi saat sedang kusut, tekanan yang diberikan ke akar rambut kamu bisa membuat rambut kamu lebih mudah rontok. Kamu dapat menyisir bagian rambut bawah kamu terlebih dahulu sampai tidak kusut lagi, baru perlahan naik ke atas.

  1. Sering menggaruk kepala

Referensi:

Adrian, Kevin.2019.Lima Kebiasaan yang Dapat Merusak Rambut.Diakses 7 Juni 2022 pada https://www.alodokter.com/lima-kebiasaan-yang-dapat-merusak-rambut#:~:text=Meski%20pewarnaan%20rambut%20tanpa%20bleaching,gatal%2C%20atau%20kemerahan%20pada%20kulit.

Ramadhani, Gilar.2021.Tak Disangka 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Rambut Mudah Rontok.Diakses 7 Juni 2022 pada https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4646077/tak-disangka-7-kebiasaan-ini-bisa-bikin-rambut-mudah-rontok

Gati, Talitha.2021. 12 Kebiasaan yang Diam-diam Jadi Penyebab Rambut Rontok!.Diakses 7 Juni 2022 pada https://www.tokopedia.com/blog/kebiasaan-yang-jadi-penyebab-rambut-rontok-bty/

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *