jametlene-reskp-R2vgo2Zm3Tc-unsplash

Fakta Unik Tanaman Pisang (Nevair Info #1)

Setiap yang Tuhan ciptakan pasti memiliki manfaat dan tujuan, begitupula tanaman pisang. Tau ngga sih fakta unik dari tanaman pisang yang sering kalian lewatkan? Pada “NEVAIR Info” kali ini, Admin mau berbagi mengenai fakta-fakta unik dari tanaman pisang. Semoga bermanfaat !

Tanaman pisang termasuk dalam tanaman herbal

Tanaman pisang ini ternyata temasuk dalam tanaman herbal, bahkan berdasarkan penelitian dari Universitas Stanford buah pisang dikatogorikan sebagai jenis herbal berry-berry-an. Tanaman ini juga mendapat predikat tanaman herbal terbesar ukurannya dibandingkan jenis tanaman herbal lainnya (Yudvi, 2017).

Budidaya tanaman pisang ditemukan sejak lama

yaitu sekitar 500-600 SM yang dilakukan di Epics, Pali Boedhihist (Suryanti & Supriyadi, 2008).

Indonesia termasuk pengasil tanaman pisang terbanyak di dunia dan memiliki lebih dari 230 varietas

Bukan rahasia lagi bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan flora, berbagai jenis tumbuhan mudah hidup dan berkembang di tanah Indonesia tidak terkecuali tanaman pisang. Tanaman pisang tumbuh subur didaerah tropis panas dan lembab terutama dataran rendah, contohnya Indonesia. Tanaman pisang mampu tumbuh pada tanah dengan rata-rata pH 4,5-7,5. Tanaman ini berkembangbiak secara vegetatif. Berdasarkan data BPS (2017) Indonesia memiliki 7.162.680 tanaman pisang sersebar diseluruh Indonesia. Jumlah ini terus meningkat setiap tahunnya karena semakin banyak pembudidayaan tanaman pisang (BPS, 2017).

Tanaman pisang tidak akan mati meskipun ditebang berkali-kali sebelum berbuah

Mungkin ada beberapa dari kalian yang suka menebang tanaman pisang sebelum berbuah, tapi tanamannnya tumbuh lagi? Salah satu fakta tanaman pisang yang mengagumkan adalah semangat dan sikap pantang menyerahnya. Tanaman pisang akan terus tumbuh meskipun berkali-kali ditebang pemiliknya sampai tugasnya selesai yaitu berbuah. Jadi, selama pisang itu belum menghasilkan buah dalam siklus hidupnya, ia akan tumbuh lagi. Tamanan pisang setelah ditebang akan tumbuh lagi, berdaun dan terus tumbuh hingga berbuah lalu mati. Bagi tanaman pisang yang ditebang berkali-kali akhirnya tidak menumbuhkan tunas namun justru bunga atau jantung pisang yang lama kelamaan menjadi buah, setelah buahnya diambil tanaman pisang tersebut akan membusuk dan mati dengan sendirinya.

Tanaman pisang hanya bisa berbuah satu kali selama siklus hidupnya

Fakta unik yang satu ini masih jarang lho diketahui banyak orang, secara normal tanaman pisang itu hanya mampu berbuah satu kali dalam hidupnya. Sebelum mati dan membusuk, tanaman ini akan menghasilkan tunas tanaman yang baru. Seperti yang kita ketahui, tanaman pisang berkembang biak memalui tunasnya, jadi sebelum tanaman pisang mati ia menyiapkan generasi penerusnya, yang akan berbuah dan memberi manfaat lagi nantinya. So, kita tidak perlu repot menanamnya ulang guys karena tunas tanaman pisang akan tumbuh disekitar induknya. Siklus ini berlangsung selama 10 tahun.

Bonggol pisang memiliki banyak kandungan bermanfaat

Taukah kamu bahwa bonggol pisang mempunyai getah yang mengandung zat-zat seperti favonoid, saponin, asam askorbat, tanin, lektin, dan antrakuinon. Apa sih manfaat zat-zat tersebut? Yuk simak! Berdasarkan penelitian fungsi zat-zat tersebut sebagai berikut.

  1. Flavonoid merupakan senyawa aktif yang dapat digunakan sebagai antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, dan anti-jamur.
  2. Saponin merupakan senyawa metabolik sekunder yang berfungsi sebagai antiseptik sehingga mampu sebagai antibakteri.
  3. Asam askorbat (viatmin C), berfungsi mempertahankan kolagen, memperbaiki kerusakan jaringan, meningkatkan kesehatan gigi dan tulang, serta meningkatkan kekebalan tubuh.
  4. Tanin, berfungsi mengahmbat pertumbuhan bakteri.
  5. Lektin merupakan protein yang mengikat sel tubuh.
  6. Antrakuinon digunakan sebagai pengganti zat minoksidil pada hair tonicsintetik.

Jadi, sudah tau kan sedikit fakta dari tanaman pisang? Dari fakta unik di atas, ada beberapa info filosofis juga lho dari tanaman ini yang dapat kita petik dan renungkan.

Belajar hidup pantang menyerah! Tanaman pisang tidak akan mati sebelum berbuah, ia akan terus berjuang hidup meskipun berulang kali ditebang pemiliknya. Ini menunjukkan bahwa jangan mudah menyerah untuk mencapai tujuan, menyelesaikan tugas, dan memberi manfaat/kebaikan kepada orang lain meskipun banyak halangan yang menghadang.

Tanaman pisang sebelum mati menumbuhkan tunasnya yang nantinya akan meneruskan tugas memberi manfaat kepada sekitarnya. Seluruh yang ada pada tanaman pisang sebenarnya bermanfaat. Mulai dari daunnya yang dapat digunakan sebagai pembungkus (saat memasak), jantung pisang dan batangnya dapat diolah menjadi makanan, bahkan bonggolnya juga memiliki banyak kandungan bermanfaat. Jadi, sebagai manusia yang memiliki akal dan makhluk Tuhan paling sempurna, sudah selayaknya kita bisa lebih memberi manfaat pada lingkungan sekitar baik daripada tanaman pisang.

Terima kasih sudah meluangkan waktu membaca “Nevair Info” di atas, jangan lupa stay tune terus untuk tau info-info menarik lainnya terkait tanaman pisang dan produk Nevair. Buat yang mau kepo-kepo bisa main di sosial media kami lainnya di @nevairtonic (instagram), @NevairTonic (twitter), BEVAIR Tonic (youtube), Nevair Tonic (facebook), dan [email protected] (email). Sampai jumpa pada posting-an selanjutnya, see you!

Referensi

BPS. (2017). Tabel Dinamis Holtikultura. Retrieved Maret 28, 2019, from https://bps.go.id/site/resultTab

Priristia, F., Halimah, A. N., Satiti, S. W., Fitria, A., & Ismana, L. N. (2019). Nevair Tonic (Banana Weevil Hair Tonic) : Atasi Masalah Rambut Rontok Dan Ketombe. 1-26.

Purnamasari, D., & Suhartiningsih. (2013). Pengaruh Jumlah Air Bonggol Pisang Klutuk Terhadap Sifat Fisik dan Masa Simpan Hair Tonic Rambut Rontok. e-jurnal mahasiswa UNESA, 02, 61-69.

Suryanti, & Supriyadi. (2008). Pisang:Budidaya, Pengolahan, dan Prospek Pasar. Jakarta: Penebar Swadaya.

Yudvi, T. (2017). OKEZONE.com. Retrieved Maret 28, 2019, from https://lifestyle.okezone.com/

Tags: No tags
0

One Response

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *